An Analysis of Task-Based Method in Asynchronous Online Learning

Main Article Content

Indah Muzdalifah
Elvira Asril

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan pembelajaran berbasis tugas dalam Membaca Ilmiah siswa Sastra Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi. Saat ini, E-Learning adalah cara terbaik dalam melakukan proses belajar mengajar. Ada dua jenis E learning Pembelajaran Online Sinkron dan Pembelajaran Online Asinkron. Pembelajaran Daring Sinkron merupakan proses pembelajaran yang hampir mengenal tatap muka di dalam kelas, namun pembelajaran ini dilakukan melalui kelas virtual seperti menggunakan zoom cloud meeting atau google meet. Sedangkan Pembelajaran Online Asynchronous menggunakan timetable atau jadwal yang telah diputuskan antara mahasiswa dan dosen. Pertanyaan penelitiannya adalah apakah kemampuan membaca ilmiah meningkat setelah pembelajaran melalui pembelajaran berbasis tugas dan kedua apakah penggunaan pembelajaran berbasis tugas efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca ilmiah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang instrumen pengumpulan datanya menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode berbasis tugas dalam pembelajaran asinkron memberikan dampak positif khususnya pada masa pandemi. Hasil lain dari mata kuliah Membaca Ilmiah ini adalah mampu menceritakan kembali apa yang telah dibaca. Dengan demikian, hasil tes pada pre-test mempunyai rata-rata 74,16 dan post-test 78,3.

Article Details

How to Cite
Muzdalifah, I., & Asril, E. (2023). An Analysis of Task-Based Method in Asynchronous Online Learning. International Journal of Language Pedagogy, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.24036/ijolp.v2i1.16
Section
Articles